Pemrograman Dengan C++ (Part I)
Pengantar
Apa itu program?
Bagaimanakah membuatnya? Jika sudah dibuat, apakah gunanya? Mungkin itu adalah
pertanyaan – pertanyaan dari orang – orang yang baru saja mengenal komputer.
Program adalah semacam sebuah metode penyelesaian masalah yang disediakan dalam
komputer untuk digunakan oleh manusia dalam mempermudah pekerjaannya /
kegiatannya. Kurang lebih itulah pengertian program, paling tidak menurut saya. Lantas, bagaimana membuatnya?
Pembuatan program adalah dengan memberi “perintah” sedemikian rupa kepada
komputer sehingga “terciptalah” program itu yang kemudian disimpan dalam memori
komputer. Lalu, apa yang “diperintahkan” pada komputer sehingga program itu
dapat terbentuk? Tidak ada yang berpikiran bahwa dia harus mengatakan kepada
komputer: “Buatkan saya sebuah program yang bagus yang mau dipake untuk pembukuan perusahaan saya.” ,
kan? J
Kita, tentu saja, harus “ngobrol” dengan komputer dengan bahasa yang bisa
dimengerti olehnya. Bahasa apa itu? Sudah banyak dibuat banyak bahasa
pemrograman untuk menerjemahkan logika pemrograman menjadi instruksi yang dapat
dimengerti oleh komputer, untuk kemudian dijalankan (dan dalam hal ini untuk
membuat program). Perintah tersebut di jalankan oleh komputer untukmembuat
sebuah program yang kemudian akan digunakan oleh manusia / pihak yang
berkepentingan.
C++
C++ adalah salah
satu bahasa pemrograman yang powerful
untuk membuat sebuah program. C++ adalah sebuah bahasa tingkat menengah yang
merupakan perkembangan dari bahasa C, dimana bahasa ini merupakan bahasa
pemrograman berorentasi objek (tidak seperti pendahulunya, C). Dikatakan
menengah karena bahasa ini berada di antara bahasa tingkat tinggi dan rendah.
Bahasa tingkat tinggi merupakan bahasa yang lebih “manusawi”, karena perintah –
perintah dari bahasa ini lebih berorientasi kepada bahasa manusia. Visual Basic
(VB) dan Pascal adalah dua dari beberapa contoh bahasa tingkat tinggi.
Sedangkan bahasa tingkat rendah adalah bahasa yang lebih berorientasi kepada
bahasa mesin sehingga bahasa ini tidak terlalu “manusiawi” J.
Contoh dari bahasa tingkat rendah ini adalah Assembly.
Bab I. Header dan Fungsi main()
Sekarang kita
masuk ke dalam pembuatan program. Beberapa bagian yang harus di perhatikan
adalah header dan fungsi. Header adalah diana kita
memasukkan library yang ada dalam C++
kedalam kode program kita. Fungsi adalah “tempat” dimana kita bisa
“bereksperimen” J.
Didalamnya terdapat semua statement yang
kita buat. Program yang paling sederhana yang pernah diketahui umat manusia
(seram amat kata-katanya) adalah:
#include
<iostream>
using
namespace std;
void main
() {
cout << “Hello, World!\n”;
}
Pada baris
pertama, seperti yang kita lihat, ada perintah #include <iostream>. Tanda
‘#’ adalah
preprocessor directive. Preprocessor
directive adalah perintah – perintah yang diberikan kepada compiler untuk
melakukan definisi, memasukkan file library, dll. Contoh – contoh dari
preprocessor ini adalah:
·
#define maximum_number
100000
·
#include “fileku.h”
·
#ifdef maximum_number
#undef
maximum_number
#define
maximum_number_2 1000
#endif
Itu berarti
bahwa kita memasukkan (include)
library iostream ke dalam kode program kita. iostream itu adalah header yang
dibutuhkan untuk “kegiatan” input dan output dari program. Perintah cout
sendiri ada karena kita memasukkan iostream ke dalam kode program kita dan juga
using
namespace std; dimana ada member
cout di dalamnya.
Berikut beberapa
header yang terdapat dalam C++:
·
ctime = header waktu
·
cstdio = header untuk
perintah C seperti printf dan scanf
·
cmath = header untuk
operasi matematika seperti sin, cos, sqrt, dan tan
·
cstring = header
untuk memanipulasi string seperti strcpy, strcat, dll
(untuk lebih
lengkapnya, lihat http://cplusplus.com/tutorial)
main () adalah
fungsi utama (main) yang harus ada
dalam setiap program C++ kita. Di sini yang digunakan adalah dengan main
tanpa nilai kembalian dan tanpa paramater. Apa itu nilai kembalian dan apa itu
paramater? Saksikan setelah pesan – pesan berikut… eh salah, lihat dalam bab
berikutnya J.
Jika diperhatikan ada perintah \n pada akhir “kalimat” Hello, World!. Apa
itu? ”\n”
adalah perintah dalam banyak bahasa pemrograman sebagai baris baru (new line) jadi yang akan ditampilkan
pada program adalah:
Perintah dengan
menggunkan backslash (‘\’) juga ada
beberapa jenis, diantaranya:
·
‘\a’ = untuk
menghasilkan bunyi alert
·
‘\t’= tabulasi
·
‘\0’ = null terminated dalam array
Tanda ‘{‘ juga
harus ada dalam setiap fungsi C++, itu menandakan awal dari fungsi / program dan
‘}’ menandakan akhir dari fungsi / program.
BAB II. Penulisan Dalam Bahasa C++
Penulisan dalam
bahasa C++ adalah case sensitive. Yang berarti, C++ membedakan
huruf kecil dan kapital. Yang berarti (lagi): variabel_pertama tidak sama
dengan variabel_Pertama
atau mboknya_echi
tidak sama dengan mboknya_Echi J.
Komentar dalam
C++ ditulis dengan ‘//’ untuk komentar dengan panjang satu baris atau ‘/*’
dan ‘*/’
untuk komentar lebih dari satu baris, dimana tanda /* merupakan “pembuka”
komentar dan */ adalah “penutup” komentar. Komentar adalah cataatan ang ditulis
oleh programmer untuk sebagai pengingat atau penjelasan ketika membaca sebuah
kode. Kata – kata dalam sebuah komentar tidak akan dieksekusi oleh compiler.
Beberapa
kesalahan dalam penulisan dalam C++
adalah:
·
int int; /*salah karena nama
sebuah variabel tidak boleh sama dengan seuah tipe data (int)*/
·
int Jam_9; //salah karena
nama variabel dimulai dengan huruf besar
·
int 90jam; /*nah, ini juga
salah karena nama sebuah variabel tidak boleh dimulai dengan bilangan*/
Penulisan yang
benar dalam C++ adalah:
·
int myint; //betul
·
char kata_2; //betul juga...
·
double bilangan_KeDuA;
/*walaupun nama identifiernya aneh, tapi
ini juga betul :) */
Setiap statement
dalam C++ harus diberi tanda ‘;’ pada akhir dari statement. Contoh
penulisan statement yang benar dalam C++ adalah:
int a, b,
c;
a = 1;
b = 2;
c = a + b;
Sedangkan
penulisan yang salah adalah:
int a, b, c
karena itu
dianggap error oleh compiler, karena
merupakan statement yang tidak lengkap.
BAB III. Tipe Data
Tipe – tipe data
yang dikenal dalam C++ adalah sebagai berikut:
int
int adalah
tipe data bilangan bulat (integer).
Contoh penggunaan tipe int adalah:
int a = 1;
int num1 =
2, num2 = 4;
Perhatikan bahwa
dalam nilai – nilai yang masuk di assign
(masukkan) ke dalam variabel – variabel bertipe int adalah angka – angka /
bilangan bulat. Seperti namanya, int hanya bisa bernilai bulat dan bukan
pecahan (desimal). Bagaimana kalau yang tipenya int lalu yang dimasukkan
adalah hasil pembagian yang tidak bulat hasilnya? Maka:
int
hasil_bagi_bulat = 5 / 2;
Hasilnya:
2
Ini karena 5
dibagi 2 = 2,5 kemudian karena hasil_bagi_bulat adalah integer (bilangan
bulat) 2,5 kemudian dibulatkan menjadi 2.
Untuk bilangan
desimal sendiri ada tipe tertentu untuk bilangan ini.
double
adalah tipe yang
khusus untuk bilangan yang tidak bulat alias desimal / pecahan. Contoh penggunaannya
adalah:
double
mydouble = 5.00;
double
pecahan_pertama = 2.5, pecahan_kedua = 9.9;
char
adalah tipe data
karakter yang bisa menyimpan mulai dari: a – z, A – Z, ‘!’, ‘@’, dsb.
Penggunannya ± sama dengan tipe - tipe
yang sebelumnya:
char huruf
= ‘c’;
char
inisial1 = ‘A’, inisial2 = ‘W’;
char simbol
= ‘#’;
bool
adalah tipe yang
hanya “menyimpan” nilai “benar” dan “salah” yaitu, true dan false (boolean).
Contoh:
bool
benar_atau_salah = true;
string
adalah tipe yang
khusus untuk menampung semua masukan dari user / gabungan karakter yang sangat
panjang. Misalnya:
string
string_gue = “nah, kyk gini deh contohnya string...”;
BAB IV. Operator Aritmatika
Operator
aritmatika yang sering digunakan dalam C++ adalah:
·
‘+’ = penjumlahan
·
‘-‘ = pengurangan
·
‘*’ = perkalian
·
‘/’ = pembagian
·
‘%’ = sisa bagi (modulo)
Contoh dari
pemakaian masing – masing operator tersebut adalah sebagai berikut:
#include
<iostream>
using
namespace std;
void main
() {
int satu, dua, tiga, empat, lima;
satu = 1 + 0;
dua = 4 - 2;
tiga = 1 * 3;
empat = 20 / 5;
//mencari sisa bagi dari 25 / 10
lima = 25 % 10;
cout << satu << “\n”;
cout << dua << “\n”;
cout << tiga << “\n”;
cout << empat << “\n”;
cout << lima << “\n”;
}
Hasilnya adalah:
Biografi
Penulis
Wirman a.k.a Chipp
Adalah salah satu alumni S1 Universitas
Katolik Atma Jaya Makassar jurusan Ekonomi Manajemen yang senang ngutak-ngatik komputer, terutama software. Sekarang bekerja dalam bidang
yang sama sekali jauh dari dunia komputer, yaitu pelayaran (sebagai staff finance). Tidak mengaku expert,
dan masih terus belajar untuk menjadi lebih baik lagi.
Email: anthonio_wirman@yahoo.com
Blog: http://cyberianzone.blogspot.com
No comments:
Write komentar