Organisasi Komputer dan Arsitektur Komputer
Organisasi
Komputer adalah bagian yang terkait erat dengan unit–unit operasional dan komponen
penyusun sistem komputer dalam merealisasikan aspek arsitekturalnya. Organisasi
komputer adalah bagian yang terkait erat dengan unit – unit operasional dan
interkoneksi antar komponen penyusun sistem komputer dalam
merealisasikan aspek arsitekturalnya. Biasanya mempelajari bagian yang terkait
dengan unit-unit operasional komputer dan hubungan antara
komponen-komponen sister komputer.Contoh aspek organisasional adalah teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, dan sinyal – sinyal kontrol.Arsitektur komputer lebih cenderung pada kajian atribut-atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer. Contohnya, set instruksi, aritmetika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O.
Sebagai contoh apakah suatu komputer perlu memiliki instruksi pengalamatan pada memori merupakan masalah rancangan arsitektural. Apakah instruksi pengalamatan tersebut akan diimplementasikan secara langsung ataukah melalui mekanisme cache adalah kajian organisasional.
Jika
organisasi komputer mempelajari bagian yang terkait dengan unit-unit
operasional komputer dan hubungan antara komponen sistem computer,dan interkoneksinya
yang merealisasikan spesifikasi arsitektural. contoh:
teknologi hardware, perangkat antarmuka (interface), teknologi memori, sistem
memori, dan sinyal–sinyal control.
Arsitektur
Komputer lebih cenderung pada kajian atribut–atribut sistem komputer yang
terkait dengan seorang programmer. Contohnya, set instruksi, aritmetika yang
digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O. Komputer adalah sebuah mesin
hitung elektronik yang secara cepat menerima informasi masukan digital dan
mengolah informasi tersebut menurut seperangkat instruksi yang tersimpan dalam
komputer tersebut dan menghasilkan keluaran informasi yang dihasilkan setelah
diolah. Daftar perintah tersebut dinamakan program komputer dan unit
penyimpanannya adalah memori komputer. Arsitektur komputer adalah konsep
perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer.
Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional
dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan
sistem interkoneksinya). Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari
masing–masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU
akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori
cache, RAM, ROM, cakram keras, dll). Beberapa contoh dari arsitektur komputer
ini adalah Arsitektur von Neumann, CISC, RISC, blue gene, dll. Arsitektur
komputer lebih cenderung pada kajian atribut – atribut sistem komputer yang
terkait dengan seorang programmer. Contohnya, set instruksi, aritmetika yang
digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O. Dan juga dapat didefinisikan dan
dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi
komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang
memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan target biayanya.
Perbedaan Antara Organisasi Dan Arsitektur Komputer :
Organisasi Komputer :
·
Bagian
yang terkait dengan erat dengan unit – unit operasional
·
Contoh
: teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, sistem memori, dan
sinyal – sinyal control
Arsitektur Komputer :
·
Atribut
– atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer
·
Contoh
: Set instruksi, aritmetika yang dipergunakan, teknik pengalamatan, mekanisme
I/O.
Arsitektur dan Organisasi Komputer Dari Core i7
No comments:
Write komentar