Contoh laporan Praktek Kerja Lapangan (PKL) terbaru di Kantor kementrian agama
LEMBAR PENGESAHAN
LAPORAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN (PKL)
DI KANTOR KEMENTRIAN
AGAMA
KABUPATEN DEMAK
TANGGAL 1 JULI SAMPAI 30 SEPTEMBER 2016
Laporan Praktek Kerja
Lapangan (PKL) ini telah diperiksa dan disahkan oleh:
Pembimbing DU/DI, Pembimbing Sekolah,
Musafak,
S.HI Moh.
Syadzali, S. Pd.I
NIP. 19671024 199103 1 002 NIP.19630630 199003 1 004
Mengetahui,
Kepala SMK N 1 DEMAK
Drs.
Subekhan, M. Pd.
NIP.
19601225 198903 1 101
KATA PENGANTAR
Puji syukur saya ucapkan kepada Allah
SWT, karena dengan rahmat dan karunia-Nya Saya dapat menyelesaikan penulisan
Laporan Pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan (PKL) Di Kantor Kementrian Agama Kab
Demak dengan baik.
Laporan ini dapat terselesaikan atas bantuan dan bimbingan
dari semua pihak. Untuk itu saya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak
yang membantu saya dalam menyelesaikan laporan ini, terutama kepada:
1. Orang
tua serta segenap keluarga yang telah memberikan motivasi baik secara moril
ataupun materil kepada saya.
2. Bapak
Drs.Subekhan, M. Pd. Selaku Kepala SMK NEGERI 1 DEMAK.
3. Bapak
Musafak,
S.HI Selaku Pembimbing Instansi.
4. Bapak Moh.
Syadzali,
S. Pd. Selaku guru Pembimbing Sekolah.
5. Bapak
Drs. H. Moh.
Tobiq. Selaku Pemimpin
Kantor Kementrian
Agama Kab Demak.
6. Bapak H.
Mahmudi selaku Kepala KUA Kec. Karangtengah.
7. Seluruh
karyawan dan staff Kantor Kementrian
Agama dan kepada semua pihak yang telah membantu
dalam penyusunan laporan.
Penyusunan laporan ini sebagai salah
satu syarat untuk mengikuti Ujian Akhir Nasional (UAN) dan Ujian Akhir Sekolah
(UAS) Tahun Pelajaran 2016-2017 serta sebagai bukti bahwa telah melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL).
Saya menyadari sepenuhnya bahwa
laporan ini masih jauh dari sempurna. Untuk itu kritik dan saran yang sifatnya
membangun sangat saya harapkan. Semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi saya
khususnya dan pembaca pada umumnya.
Demak, September 2016
Penyusun,
Nirmala
Wisnu Safitri
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL
LEMBAR PENGESAHAN............................................................................................... I
KATA PENGANTAR........................................................................................................ II
DAFTAR ISI...................................................................................................................... III
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang.............................................................................................................. 1
1.2 Tujuan Praktek Kerja Lapangan ................................................................................... 1
1.3 Manfaat Praktek Kerja Lapangan ................................................................................. 2
1.4 Metode Pengumpulan Data........................................................................................... 2
1.5 Sistematika Penulisan ................................................................................................... 2
BAB II GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN
2.1 Sejarah Berdirinya Perusahaan...................................................................................... 4
2.2 Struktur Organisasi........................................................................................................ 5
2.3 Sumber Daya Manusia................................................................................................... 7
BAB III LAPORAN KEGIATAN SELAMA PKL
3.1 Bagian Umum................................................................................................................ 8
3.1.1 Menulis Nomor pada Surat Keluar............................................................................. 8
3.1.2 Menulis
Disposisi dan Kartu Kendali pada Surat Masuk........................................... 8
3.1.3 Menstempel Surat....................................................................................................... 8
3.1.4 Mengetik Surat Tugas................................................................................................. 9
3.2 Bagian Kepegawaian .................................................................................................... 9
3.3 Bagian Bimas Islam....................................................................................................... 9
3.4 Penyelenggara Haji dan Umroh..................................................................................... 9
3.5 KUA Kec. Karangtengah ............................................................................................. 9
BAB IV PENUTUP
4.1 Kesimpulan.................................................................................................................... 10
4.2 Saran.............................................................................................................................. 10
DAFTAR PUSTAKA......................................................................................................... 11
LAMPIRAN-LAMPIRAN ………………………………………………………………. 11
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Praktek
Kerja Lapangan (PKL) adalah suatu bentuk penyelenggaraan kegiatan dari
sekolah yang memadukan
secara sistematik dan sinkron antara program pendidikan di sekolah dan program pengusahaan yang
diperoleh melalui kegiatan bekerja secara langsung didunia kerja untuk mencapai
suatu tingkat keahlian profesional. Dimana keahlian profesional tersebut hanya
dapat dibentuk melalui tiga unsur utama yaitu ilmu pengetahuan, teknik dan
kiat. Ilmu pengetahuan dan teknik dapat dipelajari dan dikuasai kapanpun dan
dimanapun kita berada, sedangkan kiat
tidak dapat diajarkan tetapi dapat dikuasai melalui proses mengerjakan langsung
pekerjaan pada bidang profesi itu sendiri.
Pendidikan
Sistem Ganda dilaksanakan untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang profesional dibidangnya.
Melalui Pendidikan Sistem Ganda diharapkan dapat menciptakan tenaga
kerja profesional tersebut. Dimana para siswa yang melaksanakan pendidikan
tersebut diharapkan dapat menerapkan ilmu yang didapat dan sekaligus
mempelajari dunia industri. Tanpa diadakannya Pendidikan Sistem
Ganda ini kita tidak dapat langsung terjun kedunia industri karena kita
belum mengetahui situasi dan kondisi lingkungan kerja.
Ada
beberapa peraturan tentang Praktek Kerja Lapangan (PKL) yaitu.
1.1.1
Tercantum pada UU. No. 2 Tahun 1989
tentang Pendidikan Nasional yaitu untuk menyiapkan peserta didik melalui
kegiatan bimbingan, pengajaran, dan atau latihan bagi peranannya di
masa yang akan datang.
1.1.2
Keputusan Menteri No. 0490/1993
tentang Kurikulum SMK yang berisi bahwa “Dalam melaksanakan pendidikan
dilaksanakan melalui dua jalur yaitu Pendidikan didalam sekolah dan Pendidikan
di luar sekolah”.
1.2
Tujuan
Praktek Kerja Lapangan (PKL)
1.2.1
Tujuan yang
diharapkan dapat tercapai dari kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL) adalah
Menghasilakan/mencetak seseorang yang siap dalam persaingan dunia
usaha sehingga profesionalisme dan keterampilan serta etos kerja dituntut dalam
hal ini.
1.2.2
Memperkokoh “ Link
And Match “ ( Keterkaitan dan Kesepadanan) antara ilmu yang diberikan disekolah
dengan Dunia Usaha atau Dunia Industri
yang akan mereka hadapi.
1.2.3
Meningkatkan Sumber
Daya Manusia yang efisiensi dan Profesional dalam proses pendidikan dan
pelatihan yang berkualitas dalam dunia usaha.
1.2.4
Meningkatkan
Pengalaman dan Penghargaan terhadap Pengalaman Kerja sebagai bagian proses
pendidikan.
1.3
Manfaat
Praktek Kerja Lapangan (PKL)
1.3.1
Bahan evaluasi mengenai kinerja dari
seluruh pihak yang mendukung kegiatan PKL khususnya di lapangan.
1.3.2
Pedoman dan pegangan serta bekal
dari setiap praktikan yang akan atau sudah menjadi karyawan dalam melaksanakan praktek kerja kantor di lapangan.
1.4 Metode Pengumpulan Data
Sebagai bahan Laporan Prakerin pada Kantor Kementrian Agama Kab. Demak saya mengumpulkan
data-data dengan cara :
1.4.1
Bertanya kepada Instruktur
yaitu humas beserta stafnya.
1.4.2
Mengumpulkan
arsip-arsip yang telah lalu, serta membaca panduan register surat-
surat
yang telah dibuat.
1.4.3
Serta membaca dan
menganalisa tugas-tugas kakak tingkat yang telah lalu dari
berbagai macam tempat Prakerin yang telah mereka jalani.
1.4.4
Melihat dan
memodifikasi contoh-contoh laporan Prakerin yang telah dibuat
sebelumnya.
1.4.5
Bertanya-tanya
kepada kawan dan kakak tingkat serta guru-guru yang
membidangi masalah Administrasi.
1.5 Sistematika Penulisan
Sistematika Penulisan ini
menjabarkan seluruh kegiatan pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan.. Laporan ini terdiri dari Empat bab. Pembagian disususn
secara sistematis untuk mengelompokkan pokok bahasan yang berbeda-beda. Adapun sistematika
penulisan laporan ini sebagai berikut:
BAB I : Pendahuluan, memaparkan
latar belakang, tujuan praktik kerja,
manfaat praktik kerja dan sistematika penulisan.
BAB II : Keadaan kantor, memaparkan pengadaan
bahan pustaka, pengolahan bahan pustaka, layanan bahan pustaka dan statistik
koleksu bahan pustaka.
BAB III : Masalah dan pemecahannya,
memaparkan tentang masalah dan pemecahannya.
BAB IV : Penutup,
memaparkan kesimpulan dan saran-saran.
Bagian Akhir laporan ini berisi daftar pustaka dan
lampiran-lampiran.
BAB II
GAMBARAN UMUM KANTOR
KEMENTRIAN AGAMA KABUPATEN DEMAK DAN PERATURAN
PEMERINTAH NOMOR 53 TAHUN 2010 TENTANG DISIPLIN PEGAWAI NEGERI SIPIL
Gambaran Umum Kantor Kementrian Agama Kabupaten Demak
2.1
Sejarah Berdirinya
Kantor Kementrian Agama Kabupaten
Demak merupakan unsur penunjang pemerintahan di bidang agama kepada masyarakat dalam
rangka menbantu masyarakat dan sebagai bagian integral dari pembangunan
nasional yang perlu ditingkatkan pelayanannya secara terus-meerus didalam upaya
peningkatan sumber daya manusia, terutama menyongsong era globalisasi..
Kementrian Agama Kabupaten
Demak diresmikan penggunaannya pada tanggal 10 Januari 2007 oleh Kepala Kantor
Wilayah Kementrian Agama Provinsi Jateng yaitu Drs. H. Masyudi, MM dengan 3
bagian antara lain bagian Umum, Keuangan, Kepegawaian dan memiliki 7 seksi
antara lain Pendidikan Agama Islam (PAIS), Penyelenggara Syariah, PIK,
Pendidikan Madrasah, PD Pontren, Pelayanan Haji dan Umroh dan Bimbingan
Masyarakat Islam (Bimas Islam).
Perkembangan Kantor Kementrian Agama Kabupaten
Demak dari tahun ke tahun terus meningkat, hal ini tak lain berkat dukungan
penuh dari Pemerintah Kabupaten Demak dalam menunjang berbagai kebutuhan yang
diperlukan maupun sarana prasarana kantor. Untuk meningkatan pelayanan Kantor
Kementrian Agama Kabupaten Demak menambah beberapa fasilitas maupun kelengkapan
lainnya baik sarana prasarana maupun
koleksi sesuai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, sehingga
dimasa mendatang diharapkan Kantor Kementrian Agama dapat dijadikan sebagai
pembantu masyarakat dalam bidang agama serta karena Demak merupakan Kota wali
maka Kantor Kementrian Agama dapat dijadikan pusat kajian agama Islam.
Adapun Visi Kantor Kementrian Agama Kabupaten Demak adalah
Terwujudnya Masyarakat Indonesia yang taat beragama, rukun, cerdas, dan
sejahtera lahir batin dalam rangka mewujudkan Indonesia berdaulat, mandiri dan
kepribadian berlandaskan gotong royong.
Sedangkan Misi
Kantor Kementrian Agama Kabupaten Demak adalah:
a.
Meningkatkan
pemahaman dan pengalaman ajaran agama.
b.
Memantapkan
kerukunan intra dan antar umat beragama.
c.
Menyediakan
pelayanan kehidupan beragama yang merata dan berkualitas.
d.
Meningkatkan
pemanfaatan dan kualitas pengelolaan potensi ekonomi keagamaan.
e.
Mewujudkan
penyelenggaraan ibadah haji dan umrah yang berkualitas dan akuntabel.
f.
Meningkatkan akses
dan kualitas pendidikan umum berciri agama, pendidikan agama pada satuan
pendidikan umum, dan pendidikan keagamaan.
g.
Mewujudkan
tatakelola pemerintahan yang bersih, akuntabel dan terpercaya.
2.2
Struktur organisasi
Dengan melihat tugas dan fungsinya Kantor
Kementrian Agama Kabupaten Demak adalah lembaga yang secara fungsional bertugas
melaksanakan dan mengkoordinasikan pengembangan agama di lingkungan Pemerintah
Kabupaten Demak.
Untuk melaksanakan tugas-tugas dengan baik,
maka diperlukan adanya aturan pembagian tugas yang dijabarkan dalam struktur
organisasi yang berbentuk garis, wewenang, dan tanggung jawab mulai dari
pimpinan tertinggi sampai pada karyawan melalui beberapa jabatan dari
tingkatan. Adapun bentuk struktur organisasi Kantor Kementrian Agama Kabupaten
Demak dapat dilihat pada gambar berikut:
Struktur Organisasi Kantor Kementrian Agama Kabupaten Demak
2.3
Sumber Daya Manusia
Keadaan kepegawaian sebagai
sumber daya organisasi Kantor Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Demak pada tahun
2016, yang terdiri dari:
No
|
Jabatan
|
Jumlah
|
1.
|
Kepala Kantor
|
1
|
2.
|
Sub Bag TU
|
1
|
3.
|
Bagian Umum
|
|
4.
|
Bagian Keuangan
|
|
5.
|
Bagian Kepegawaian
|
|
6.
|
Seksi PAIS
|
|
7.
|
Seksi Penyelenggara Syariah
|
|
8.
|
Seksi PIK
|
|
9.
|
Seksi Pen. Madrasah
|
|
10.
|
Seksi PD Pontren
|
|
11.
|
Seksi PHU
|
|
12.
|
Seksi Bimas Islam
|
|
BAB III
LAPORAN KEGIATAN SELAMA PRAKTEK KERJA LAPANGAN(PKL)
Di Kantor
Kementrian Agama Kab. Demak ini saya sebagai siswa yang melakukan praktek kerja
lapangan dibimbing oleh Bapak Musafak S.HI. Beliau membagi 4 bagian pekerjaan
dengan bidang yang berbeda antara lain: Bag. Umum, Bag. Kepegawaian, Kasi Bimas
Islam, Pelayanan Haji dan Umroh dan KUA Kec. Karangtengah.
3.1 UMUM
Dalam bidang
ini saya dapat mengerjakan tugas dengan baik sama seperti pelajaran yang saya
dapat di sekolah. Diantaranya sebagai
berikut:
3.1.1 Menulis Nomor pada Surat Keluar
Penulisan
nomor pada surat keluar merupakan tugas yang amat penting, sebab semua surat
keluar dapat diketahui dan mudah dicari kembali bila diperlukan karena setiap
pemberian nomor harus meninggalkan arsip. Oleh karena itu, ini sangat
memudahkan bagi karyawan apabila kehilangan surat. Pelayanan
penulisan nomor
akan berjalan dengan lancar apabila layanan digunakan tepat dan sesuai dengan kebutuhan
penggunanya.
3.1.2 Menulis Disposisi dan Kartu Kendali
pada Surat Masuk
Hal yang saya lakukan dalam menangani surat masuk adalah
a.
Mencatat
surat masuk dalam kartu kendali sesuai dengan maksud dan tujuan dari surat
tersebut.
b.
Mencatat
surat dalam lembar disposisi.
c.
Menyatukan
surat, lembar disposisi, dan kartu kendali yang berwarna pink.
d.
Apabila surat
tersebut undangan maka diteruskan kepada pimpinan dan jika surat tersebut
berisikan tembusan maka di teruskan ke kasie bersangkutan untuk diolah dan diarsipkan.
e.
Mengentri
surat masuk dalam buku agenda.
3.1.3
Menstempel Surat
Pemberian stempel pada surat bertujuan untuk menandai
keabsahan/keresmian dari sebuah dokumen yang berisikan perintah maupun wewenang
dari pimpinan atau pejabat pemerintah.
3.1.4 Mengetik Surat Tugas
Surat
tugas adalah surat yang berisikan penugasan dari pejabat yang berwenang kepada seseorang
untuk melaksanakan suatu kegiatan.
3.2 KEPEGAWAIAN
Dalam
bidang ini sebelumnya saya telah mengetahui beberapa hal mengenai kepegawaian
dan sudah tidak asing lagi bagi saya. Namun, dalam kegiatan praktek kerja
lapangan di kantor Kementrian Agama ini saya jauh lebih mengetahui mengenai
kegiatan kepegawaian. Kegiatan yang bisa saya lakukan di kantor Kementrian Agama pada bagian kepegawaian adalah Mengetik
daftar nama PNS dan membuat surat tugas.
3.3
BIMAS ISLAM
Kegiatan
yang saya lakukan selama saya berada seksi
bimas islam adalah menerima
laporan bulanan dari KUA se-Kab Demak dan juga melayani formulir NR pada
KUA-KUA se-Kab Demak.
3.4
PELAYANAN HAJI DAN UMROH
Kegiatan yang saya lakukan
selama saya berada di seksi pelayanan haji dan umrah adalah
3.4.1 Melayani para calon jamaah haji yang akan mendaftar haji
3.4.2 Menulis Nomor SPPH pada buku agenda pendaftaran haji
3.4.3 Menstempel lembar Nomor porsi yang sudah di tanda tangani oleh
jamaah haji dan penyelenggaran haji.
3.5
KUA KEC. KARANGTENGAH
Kegiatan yang saya lakukan selama di KUA Kec.
Karangtengah adalah
3.5.1
Menulis nama istri dan suami pada buku agenda
3.5.2
Mengarsipkan duplikat nikah
3.5.3
Mengetik surat peminjaman tempat dan bantuan keamanan.
BAB IV
PENUTUP
4.1 Kesimpulan
Salah
satu kesimpulan yang dapat saya ambil selama melaksanakan PKL ini adalah pada dasarnya bukan
merupakan pekerjaan mudah untuk menjadi seorang karyawan. Ia tidak hanya memperluas pengetahuan
dan keterampilan, namun juga mengharapkan adanya perubahan tingkah laku yang
sesuai dengan norma yang dianut oleh masyarakat.
Sejak
observasi hingga selanjutnya tugas praktek, banyak sekali pengalaman serta ilmu
pengetahuan yang saya dapatkan dibawah bimbingan para staf/karyawan, saya lebih
banyak lagi mengenal dunia kerja yang sebenarnya. Bagaimana melayani, mengolah
dan mendata, serta dapat memahami dunia masyarakat/orang yang tentunya penting
dilakukan oleh kita sebagai orang yang berkepentingan langsung dengan dunia
pendidikan.
Hal
lain yang saya dapat adalah kenyataan bahwa pengelolaan kantor juga merupakan hal yang tidak mudah
pula. Di sisi lain saya juga mempelajari bagaimana pengelolaan sebuah institusi
mulai dari pengelolaan fisik hingga sistem yang berlaku. Sebagai akhir dari
kesimpulan ini saya menyadari bahwa pada dasarnya teori dan ilmu pengetahuan
yang kita dapat di bangku sekolah tidaklah cukup, dengan mengadakan praktek kerja
lapangan kita dapat mengetahui relevansi apa yang kita dapat di bangku sekolah
dengan dunia pendidikan. Selain itu, praktek kerja lapangan ini merupakan pengalaman yang
sangat berharga bagi saya.
4.2 Saran
Dari
kegiatan praktek kerja lapangan yang telah dilaksanakan ada beberapa hal yang menurut saya perlu diperhatian. Peserta PKL
berikutnya diharapkan agar lebih dapat bekerja dengan sungguh-sungguh dengan
memanfaatkan waktu yang lebih efektif, guru pembimbing diharapkan lebih aktif
mengontrol dan memberikan solusi kepada siswa-siswi yang dibimbing.
Demikian
saran dan masukan dari saya yang didapat selama melaksanakan kegiatan PKL di Kantor
Kementrian Agama Kab Demak. Harapan saya apa yang telah diungkapkan dapat dijadikan
masukan yang berguna bagi pelaksanaan PKL sendiri maupun pada perkembangan Kantor Kementrian
Agama Kab. Demak.
No comments:
Write komentar