Contoh laporan Praktek Kerja Lapangan (PKL) terbaru di Kantor kementrian agama

 

Contoh laporan Praktek Kerja Lapangan (PKL) terbaru di Kantor kementrian agama 


LEMBAR PENGESAHAN
LAPORAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN (PKL)
DI KANTOR KEMENTRIAN AGAMA
KABUPATEN DEMAK
TANGGAL 1 JULI SAMPAI 30 SEPTEMBER 2016

Laporan Praktek Kerja Lapangan (PKL) ini telah diperiksa dan disahkan oleh:

Pembimbing DU/DI,                                                   Pembimbing Sekolah,



Musafak, S.HI                                                  Moh. Syadzali, S. Pd.I                  
NIP. 19671024 199103 1 002                              NIP.19630630 199003 1 004



Mengetahui,


Kepala SMK  N 1 DEMAK



Drs. Subekhan, M. Pd.
NIP. 19601225 198903 1 101










KATA PENGANTAR

     Puji syukur saya ucapkan kepada Allah SWT, karena dengan rahmat dan karunia-Nya Saya dapat menyelesaikan penulisan Laporan Pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan (PKL) Di Kantor Kementrian Agama Kab Demak dengan baik.
Laporan ini dapat terselesaikan atas bantuan dan bimbingan dari semua pihak. Untuk itu saya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang membantu saya dalam menyelesaikan laporan ini, terutama kepada:
1.      Orang tua serta segenap keluarga yang telah memberikan motivasi baik secara moril ataupun materil kepada saya.
2.      Bapak Drs.Subekhan, M. Pd. Selaku Kepala SMK NEGERI 1 DEMAK.
3.      Bapak Musafak, S.HI Selaku Pembimbing Instansi.
4.      Bapak Moh. Syadzali, S. Pd. Selaku guru Pembimbing Sekolah.
5.      Bapak Drs. H. Moh. Tobiq. Selaku Pemimpin Kantor Kementrian Agama Kab Demak.
6.      Bapak H. Mahmudi selaku Kepala KUA Kec. Karangtengah.
7.      Seluruh karyawan dan staff  Kantor Kementrian Agama  dan kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan laporan.
Penyusunan laporan ini sebagai salah satu syarat untuk mengikuti Ujian Akhir Nasional (UAN) dan Ujian Akhir Sekolah (UAS) Tahun Pelajaran 2016-2017 serta sebagai bukti bahwa telah melaksanakan  Praktek Kerja Lapangan (PKL).
Saya menyadari sepenuhnya bahwa laporan ini masih jauh dari sempurna. Untuk itu kritik dan saran yang sifatnya membangun sangat saya harapkan. Semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi saya khususnya dan pembaca pada umumnya.

Demak, September 2016
Penyusun,          


Nirmala Wisnu Safitri




DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL
LEMBAR PENGESAHAN...............................................................................................      I
KATA PENGANTAR........................................................................................................      II
DAFTAR ISI......................................................................................................................      III
BAB I PENDAHULUAN                                                                                                  
1.1 Latar Belakang..............................................................................................................      1
1.2 Tujuan Praktek Kerja Lapangan ...................................................................................      1
1.3 Manfaat Praktek Kerja Lapangan .................................................................................      2
1.4 Metode Pengumpulan Data...........................................................................................      2
1.5 Sistematika Penulisan ...................................................................................................      2
BAB II GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN
2.1 Sejarah Berdirinya Perusahaan......................................................................................      4
2.2 Struktur Organisasi........................................................................................................      5
2.3 Sumber Daya Manusia...................................................................................................      7
BAB III LAPORAN KEGIATAN SELAMA PKL
3.1 Bagian Umum................................................................................................................      8
3.1.1 Menulis Nomor pada Surat Keluar.............................................................................      8
3.1.2 Menulis Disposisi dan Kartu Kendali pada Surat Masuk...........................................      8
3.1.3 Menstempel Surat.......................................................................................................      8
3.1.4 Mengetik Surat Tugas.................................................................................................      9
3.2 Bagian Kepegawaian ....................................................................................................      9
3.3 Bagian Bimas Islam.......................................................................................................      9
3.4 Penyelenggara Haji dan Umroh.....................................................................................     9
3.5 KUA Kec. Karangtengah .............................................................................................      9
BAB IV PENUTUP
4.1 Kesimpulan....................................................................................................................      10
4.2 Saran..............................................................................................................................      10
DAFTAR PUSTAKA.........................................................................................................      11
LAMPIRAN-LAMPIRAN ……………………………………………………………….     11





 BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Praktek Kerja Lapangan (PKL) adalah suatu bentuk penyelenggaraan kegiatan dari sekolah yang memadukan secara sistematik dan sinkron antara program pendidikan di sekolah dan program pengusahaan yang diperoleh melalui kegiatan bekerja secara langsung didunia kerja untuk mencapai suatu tingkat keahlian profesional. Dimana keahlian profesional tersebut hanya dapat dibentuk melalui tiga unsur utama yaitu ilmu pengetahuan, teknik dan kiat. Ilmu pengetahuan dan teknik dapat dipelajari dan dikuasai kapanpun dan dimanapun kita berada, sedangkan  kiat tidak dapat diajarkan tetapi dapat dikuasai melalui proses mengerjakan langsung pekerjaan pada bidang profesi itu sendiri.
Pendidikan Sistem Ganda dilaksanakan untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang profesional dibidangnya. Melalui Pendidikan Sistem Ganda diharapkan dapat menciptakan tenaga kerja profesional tersebut. Dimana para siswa yang melaksanakan pendidikan tersebut diharapkan dapat menerapkan ilmu yang didapat dan sekaligus mempelajari dunia industri. Tanpa diadakannya Pendidikan Sistem Ganda ini kita tidak dapat langsung terjun kedunia industri karena kita belum mengetahui situasi dan kondisi lingkungan kerja.
Ada beberapa peraturan tentang Praktek Kerja Lapangan (PKL) yaitu.
1.1.1        Tercantum pada UU. No. 2 Tahun 1989 tentang Pendidikan Nasional yaitu untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan atau latihan bagi peranannya di masa yang akan datang.
1.1.2        Keputusan Menteri No. 0490/1993 tentang Kurikulum SMK yang berisi bahwa “Dalam melaksanakan pendidikan dilaksanakan melalui dua jalur yaitu Pendidikan didalam sekolah dan Pendidikan di luar sekolah”.

1.2    Tujuan Praktek Kerja Lapangan (PKL)
1.2.1        Tujuan yang diharapkan dapat tercapai dari kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL) adalah   Menghasilakan/mencetak seseorang yang siap dalam persaingan dunia usaha sehingga profesionalisme dan keterampilan serta etos kerja dituntut dalam hal ini.
1.2.2        Memperkokoh “ Link And Match “ ( Keterkaitan dan Kesepadanan) antara ilmu yang diberikan disekolah dengan Dunia Usaha atau Dunia Industri yang akan mereka hadapi.
1.2.3        Meningkatkan Sumber Daya Manusia yang efisiensi dan Profesional dalam proses pendidikan dan pelatihan yang berkualitas dalam dunia usaha.
1.2.4        Meningkatkan Pengalaman dan Penghargaan terhadap Pengalaman Kerja sebagai bagian proses pendidikan.

1.3    Manfaat Praktek Kerja Lapangan (PKL)
1.3.1        Bahan evaluasi mengenai kinerja dari seluruh pihak yang mendukung kegiatan PKL khususnya di lapangan.
1.3.2        Pedoman dan pegangan serta bekal dari setiap praktikan yang akan atau sudah menjadi karyawan dalam melaksanakan praktek kerja kantor di lapangan.

1.4 Metode Pengumpulan Data
Sebagai bahan Laporan Prakerin pada Kantor Kementrian Agama Kab. Demak saya mengumpulkan data-data dengan cara :
1.4.1        Bertanya kepada Instruktur yaitu humas beserta stafnya.
1.4.2        Mengumpulkan arsip-arsip yang telah lalu, serta membaca panduan register surat- 
            surat yang telah dibuat.
1.4.3        Serta membaca dan menganalisa tugas-tugas kakak tingkat yang telah lalu dari
            berbagai macam tempat Prakerin yang telah mereka jalani.
1.4.4        Melihat dan memodifikasi contoh-contoh laporan Prakerin yang telah dibuat
            sebelumnya.
1.4.5        Bertanya-tanya kepada kawan dan kakak tingkat serta guru-guru yang
            membidangi masalah Administrasi.

1.5 Sistematika Penulisan
            Sistematika Penulisan ini menjabarkan seluruh kegiatan pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan.. Laporan ini terdiri dari Empat bab. Pembagian disususn secara sistematis untuk mengelompokkan pokok bahasan yang berbeda-beda. Adapun sistematika penulisan laporan ini sebagai berikut:
BAB I    :    Pendahuluan, memaparkan latar belakang, tujuan praktik kerja, manfaat praktik kerja dan sistematika penulisan.
BAB II   :    Keadaan kantor, memaparkan pengadaan bahan pustaka, pengolahan bahan pustaka, layanan bahan pustaka dan statistik koleksu bahan pustaka.
BAB III :    Masalah dan pemecahannya, memaparkan tentang masalah dan pemecahannya.
BAB IV      :         Penutup, memaparkan kesimpulan dan saran-saran.
Bagian Akhir laporan ini berisi daftar pustaka dan lampiran-lampiran.





























BAB II
GAMBARAN UMUM KANTOR KEMENTRIAN AGAMA KABUPATEN DEMAK DAN PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 53 TAHUN 2010 TENTANG DISIPLIN PEGAWAI NEGERI SIPIL

Gambaran Umum Kantor Kementrian Agama Kabupaten Demak

2.1  Sejarah Berdirinya
Kantor Kementrian Agama Kabupaten Demak merupakan unsur penunjang pemerintahan di bidang agama kepada masyarakat dalam rangka menbantu masyarakat dan sebagai bagian integral dari pembangunan nasional yang perlu ditingkatkan pelayanannya secara terus-meerus didalam upaya peningkatan sumber daya manusia, terutama menyongsong era globalisasi..
Kementrian Agama Kabupaten Demak diresmikan penggunaannya pada tanggal 10 Januari 2007 oleh Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Jateng yaitu Drs. H. Masyudi, MM dengan 3 bagian antara lain bagian Umum, Keuangan, Kepegawaian dan memiliki 7 seksi antara lain Pendidikan Agama Islam (PAIS), Penyelenggara Syariah, PIK, Pendidikan Madrasah, PD Pontren, Pelayanan Haji dan Umroh dan Bimbingan Masyarakat Islam (Bimas Islam).
Perkembangan Kantor Kementrian Agama Kabupaten Demak dari tahun ke tahun terus meningkat, hal ini tak lain berkat dukungan penuh dari Pemerintah Kabupaten Demak dalam menunjang berbagai kebutuhan yang diperlukan maupun sarana prasarana kantor. Untuk meningkatan pelayanan Kantor Kementrian Agama Kabupaten Demak menambah beberapa fasilitas maupun kelengkapan lainnya baik sarana prasarana maupun  koleksi sesuai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, sehingga dimasa mendatang diharapkan Kantor Kementrian Agama dapat dijadikan sebagai pembantu masyarakat dalam bidang agama serta karena Demak merupakan Kota wali maka Kantor Kementrian Agama dapat dijadikan pusat kajian agama Islam.
Adapun Visi  Kantor Kementrian Agama Kabupaten Demak adalah Terwujudnya Masyarakat Indonesia yang taat beragama, rukun, cerdas, dan sejahtera lahir batin dalam rangka mewujudkan Indonesia berdaulat, mandiri dan kepribadian berlandaskan gotong royong.
Sedangkan Misi Kantor Kementrian Agama Kabupaten Demak adalah:
a.         Meningkatkan pemahaman dan pengalaman ajaran agama.
b.         Memantapkan kerukunan intra dan antar umat beragama.
c.         Menyediakan pelayanan kehidupan beragama yang merata dan berkualitas.
d.        Meningkatkan pemanfaatan dan kualitas pengelolaan potensi ekonomi keagamaan.
e.         Mewujudkan penyelenggaraan ibadah haji dan umrah yang berkualitas dan akuntabel.
f.          Meningkatkan akses dan kualitas pendidikan umum berciri agama, pendidikan agama pada satuan pendidikan umum, dan pendidikan keagamaan.
g.         Mewujudkan tatakelola pemerintahan yang bersih, akuntabel dan terpercaya.

2.2  Struktur organisasi
Dengan melihat tugas dan fungsinya Kantor Kementrian Agama Kabupaten Demak adalah lembaga yang secara fungsional bertugas melaksanakan dan mengkoordinasikan pengembangan agama di lingkungan Pemerintah Kabupaten Demak.
Untuk melaksanakan tugas-tugas dengan baik, maka diperlukan adanya aturan pembagian tugas yang dijabarkan dalam struktur organisasi yang berbentuk garis, wewenang, dan tanggung jawab mulai dari pimpinan tertinggi sampai pada karyawan melalui beberapa jabatan dari tingkatan. Adapun bentuk struktur organisasi Kantor Kementrian Agama Kabupaten Demak dapat dilihat pada gambar berikut:














Struktur Organisasi Kantor Kementrian Agama Kabupaten Demak


 






           
Text Box: Seksi
Pen. Man
Text Box: Seksi Pd Pontren Text Box: Seksi PAIS Text Box: Seksi PHU Text Box: Seksi Bimas Islam Text Box: Penyelenggara Syariah
Text Box: Kelompok Jabatan Fungsional
Text Box: KUA Kec. Bonang
 










Text Box: KUA Kec. KebonagungText Box: KUA Kec. Wedung                                                           
                       










2.3  Sumber Daya Manusia
Keadaan kepegawaian sebagai sumber daya organisasi Kantor Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Demak pada tahun 2016, yang terdiri dari:

No
Jabatan
Jumlah
1.
Kepala Kantor
1
2.
Sub Bag TU
1
3.
Bagian Umum

4.
Bagian Keuangan

5.
Bagian Kepegawaian

6.
Seksi PAIS

7.
Seksi Penyelenggara Syariah

8.
Seksi PIK

9.
Seksi Pen. Madrasah

10.
Seksi PD Pontren

11.
Seksi PHU

12.
Seksi Bimas Islam



















BAB III
LAPORAN KEGIATAN SELAMA PRAKTEK KERJA LAPANGAN(PKL)

      Di Kantor Kementrian Agama Kab. Demak ini saya sebagai siswa yang melakukan praktek kerja lapangan dibimbing oleh Bapak Musafak S.HI. Beliau membagi 4 bagian pekerjaan dengan bidang yang berbeda antara lain: Bag. Umum, Bag. Kepegawaian, Kasi Bimas Islam, Pelayanan Haji dan Umroh dan KUA Kec. Karangtengah.

3.1  UMUM
      Dalam bidang ini saya dapat mengerjakan tugas dengan baik sama seperti pelajaran yang saya dapat di sekolah. Diantaranya  sebagai berikut:

3.1.1 Menulis Nomor pada Surat Keluar
Penulisan nomor pada surat keluar merupakan tugas yang amat penting, sebab semua surat keluar dapat diketahui dan mudah dicari kembali bila diperlukan karena setiap pemberian nomor harus meninggalkan arsip. Oleh karena itu, ini sangat memudahkan bagi karyawan apabila kehilangan surat. Pelayanan penulisan nomor akan berjalan dengan lancar apabila layanan digunakan tepat dan sesuai dengan kebutuhan penggunanya.

3.1.2 Menulis Disposisi dan Kartu Kendali pada Surat Masuk
Hal yang saya lakukan dalam menangani surat masuk adalah
a.       Mencatat surat masuk dalam kartu kendali sesuai dengan maksud dan tujuan dari surat tersebut.
b.      Mencatat surat dalam lembar disposisi.
c.       Menyatukan surat, lembar disposisi, dan kartu kendali yang berwarna pink.
d.      Apabila surat tersebut undangan maka diteruskan kepada pimpinan dan jika surat tersebut berisikan tembusan maka di teruskan ke kasie bersangkutan untuk diolah dan diarsipkan.
e.       Mengentri surat masuk dalam buku agenda.

3.1.3 Menstempel Surat
Pemberian stempel pada surat bertujuan untuk menandai keabsahan/keresmian dari sebuah dokumen yang berisikan perintah maupun wewenang dari pimpinan atau pejabat pemerintah.
3.1.4  Mengetik Surat Tugas
Surat tugas adalah surat yang berisikan penugasan dari pejabat yang berwenang kepada seseorang untuk melaksanakan suatu kegiatan.

3.2      KEPEGAWAIAN
Dalam bidang ini sebelumnya saya telah mengetahui beberapa hal mengenai kepegawaian dan sudah tidak asing lagi bagi saya. Namun, dalam kegiatan praktek kerja lapangan di kantor Kementrian Agama ini saya jauh lebih mengetahui mengenai kegiatan kepegawaian. Kegiatan yang bisa saya lakukan di kantor Kementrian Agama pada bagian kepegawaian adalah Mengetik daftar nama PNS dan membuat surat tugas.

3.3      BIMAS ISLAM
Kegiatan yang saya lakukan selama saya berada seksi bimas islam adalah menerima laporan bulanan dari KUA se-Kab Demak dan juga melayani formulir NR pada KUA-KUA se-Kab Demak.

3.4      PELAYANAN HAJI DAN UMROH
Kegiatan yang saya lakukan selama saya berada di seksi pelayanan haji dan umrah adalah
3.4.1 Melayani para calon jamaah haji yang akan mendaftar haji
3.4.2 Menulis Nomor SPPH pada buku agenda pendaftaran haji
3.4.3 Menstempel lembar Nomor porsi yang sudah di tanda tangani oleh jamaah haji dan    penyelenggaran haji.

3.5      KUA KEC. KARANGTENGAH
Kegiatan yang saya lakukan selama di KUA Kec. Karangtengah adalah
3.5.1 Menulis nama istri dan suami pada buku agenda
3.5.2 Mengarsipkan duplikat nikah
3.5.3 Mengetik surat peminjaman tempat dan bantuan keamanan.




BAB  IV
PENUTUP

4.1 Kesimpulan
Salah satu kesimpulan yang dapat saya ambil selama melaksanakan PKL ini adalah pada dasarnya bukan merupakan pekerjaan mudah untuk menjadi seorang karyawan. Ia tidak hanya memperluas pengetahuan dan keterampilan, namun juga mengharapkan adanya perubahan tingkah laku yang sesuai dengan norma yang dianut oleh masyarakat.
Sejak observasi hingga selanjutnya tugas praktek, banyak sekali pengalaman serta ilmu pengetahuan yang saya dapatkan dibawah bimbingan para staf/karyawan, saya lebih banyak lagi mengenal dunia kerja yang sebenarnya. Bagaimana melayani, mengolah dan mendata, serta dapat memahami dunia masyarakat/orang yang tentunya penting dilakukan oleh kita sebagai orang yang berkepentingan langsung dengan dunia pendidikan.
Hal lain yang saya dapat adalah kenyataan bahwa pengelolaan kantor juga merupakan hal yang tidak mudah pula. Di sisi lain saya juga mempelajari bagaimana pengelolaan sebuah institusi mulai dari pengelolaan fisik hingga sistem yang berlaku. Sebagai akhir dari kesimpulan ini saya menyadari bahwa pada dasarnya teori dan ilmu pengetahuan yang kita dapat di bangku sekolah tidaklah cukup, dengan mengadakan praktek kerja lapangan kita dapat mengetahui relevansi apa yang kita dapat di bangku sekolah dengan dunia pendidikan. Selain itu, praktek kerja lapangan ini merupakan pengalaman yang sangat berharga bagi saya.

4.2 Saran
Dari kegiatan praktek kerja lapangan yang telah dilaksanakan ada beberapa hal yang menurut saya perlu diperhatian. Peserta PKL berikutnya diharapkan agar lebih dapat bekerja dengan sungguh-sungguh dengan memanfaatkan waktu yang lebih efektif, guru pembimbing diharapkan lebih aktif mengontrol dan memberikan solusi kepada siswa-siswi yang dibimbing.
Demikian saran dan masukan dari saya yang didapat selama melaksanakan kegiatan PKL di Kantor Kementrian Agama Kab Demak. Harapan saya apa yang telah diungkapkan dapat dijadikan masukan yang berguna bagi pelaksanaan PKL sendiri maupun pada perkembangan Kantor Kementrian Agama Kab. Demak.

No comments:
Write komentar